SHARE

istimewa

CARAPANDANG.COM - Kendaraan Suzuki Carry Pick Up tidak terlalu rumit dalam hal perawatan, meski demikian kendaraan yang diklaim mampu membawa beban sampai 1 ton ini tetap perlu perawatan agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama serta selalu prima jika dikendarai.

Suzuki memberikan tujuh tips untuk merawat New Carry Pick Up seperti dikutip pada Rabu.

1. Rawat kondisi ban
Pemilik diharapkan selalu melakukan perawatan pada bagian ban atau roda, kegiatan itu juga dapat dilakukan sebelum kendaraan digunakan. Perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan.

"Kegiatan itu dilakukan agar tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pastikan juga cek ketebalan permukaan tapak ban atau sesuai rekomendasi," kata Asst. To Service Dept. Head PT SIS, Hariadi dalam keterangan resminya, Rabu.

2. Rawat kinerja pengereman dan kopling
Bagian yang terpenting dalam sebuah kendaraan agar tetap selamat adalah pada bagian pengereman dan kopling, pengendara dapat memperhatikan kinerjanya melalui langkah termudah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

Kemudian, pengendara juga perlu meminta Bengkel Resmi Suzuki untuk melakukan pengecekan kanvas rem, volume minyak rem dan kanvas kopling sesuai petunjuk perawatan kendaraan.

3. Perhatikan fungsi lampu dan wiper
Memasuki musim penghujan seperti saat ini, pemilik juga harus memastikan semua lampu dan wiper agar berfungsi secara normal. Lampu depan/headlamp, lampu tanda belok, lampu rem dan wiper juga memiliki peran terhadap kinerja dan keselamatan pengendara.

Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik agar dapat menerangi perjalanan ataupun terlihat oleh pengendara lain, terlebih pada kondisi malam hari. Jangan memodifikasi lampu atau kelistrikan lainnya terkait dengan fungsi lampu.
 

Halaman :
Tags
SHARE